Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kajian Diperlukan untuk Menyusun Dokumen Ketahanan Pangan Kota Palangka Raya

  • Oleh Testi Priscilla
  • 07 Agustus 2018 - 18:06 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Maksud dari kegiatan Kajian Ketahanan Pangan Rumah Tangga di Kota Palangka Raya adalah untuk menyusun Dokumen Ketahanan Pangan Kota Palangka Raya.

Hal itu diungkapkan Ketua Tim Peneliti Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) dari Universitas Palangka Raya (UPR), DR Jhon Wardie dalam paparannya di ruang rapat Badan Penelitian dan Pembangunan (Balitbang) Kota Palangka Raya, Selasa (7/8/2018).

"Tujuan dari kajian ini adalah sebagai untuk menganalisis ketersediaan dan cadangan serta distribusi dan akses pangan di Kota Palangka Raya. Selain itu kita juga ingin menganalisis tingkat ketahanan pangan di Kota Palangka Raya," kata Jhon.

Kajian ini juga menurut Jhon bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman pangan lokal terkait kondisi sosial dan budaya masyarakat di Kota Palangka Raya.

Hasil kajian ini nantinya menurut Jhon akan berupa ketersediaan dan cadangan serta distribusi dan akses pangan di Kota Palangka Raya.

Selain itu juga akan berupa tingkat ketahanan pangan di Kota Palangka Raya serta keanekaragaman pangan lokal terkait kondisi sosial dan budaya masyarakat di Kota Palangka Raya.

"Manfaat kajian ini adalah tersedianya rekomendasi sebagai dasar kebijakan bagi Pemerintah Kota Palangka Raya dan dinas/instansi terkait lainnya sehubungan dengan peningkatan ketahanan pangan di Kota Palangka Raya. Dampak kajian ini adalah terjaganya, kuatnya dan meningkatnya ketahanan pangan di Kota Palangka Raya," bebernya.

Sementara itu, Sekretaris Balitbang Kota Palangka Raya, Seth Ajang mengatakan bahwa seminar awal ini merupakan rencana awal yang disusun untuk pembangunan, khususnya ketahanan pangan rumah tangga kota Palangka Raya yang diseminarkan hari ini.

"Ini seminar awal, setelah dilakukan penelitian, dengan masukkan dari peserta, apa yang mau diteliti nantinya hasil penelitian akan diseminarkan lagi dalam seminar akhir," jelasnya.

Hasil penelitian tersebut diharapkan dapat menjadi dokumen awal perencanaan pembangunan ketahanan pangan dan acuan sebagai dokumen penting.

"Dokumen arah kebijakan pembangunan berbagai bidang, salah satunya bidang ketahanan pangan ini kita harapkan dapat bermanfaat bagi pembangunan Kota Cantik," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru