Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Samarinda Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Soal Vaksin Measles Rubella, Pemprov Kalteng Tidak Tunggu Fatwa MUI, Ini Alasannya

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 07 Agustus 2018 - 23:22 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) memiliki alasan yang tetap melangsungkan kegiatan pencanangan pelaksanaan kampanye imunisasi Measles dan Rubella (MR), tanpa menunggu fatwa MUI.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kalteng, Yayu Indriyati mengatakan hal tersebut disebabkan sudah terprogram dan terencana, bukan karena tidak menghargai MUI. Terlebih, MUI juga mempersilakan jika ada kebijakan tidak menunda.

Sementara itu Gubernur Kalteng yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan, Saidina Aliansyah, saat pencanangan imunisasi MR, mengatakan, tidak menampik adanya imbauan MUI pusat terkait pelaksanaan imunisasi MR.

“Kita ketahui ada fatwa MUI, tetapi hendaknya masyarakat menyadari ini untuk kepentingan kita semua. Apabila masyarakat bersedia imunisasi silakan dimulai saat ini. Apabila ingin menunda, dipersilakan. Sebagai pemerintah daerah, temtu memberikan kesempatan seluasnya,” kata Saidina.

Dia mengapresiasi pencanangan tersebut. Sebab cakupan untuk semua imunisasi tahun lalu, baru tercover 85 persen dari target 92 persen.

“Sehingga hal ini menuntut jajaran sektor kesehatan untuk memenuhinya. Hari ini kita menyaksikan bahwa negara hadir melindungi warganya dengan imunisasi vaksin MR dari kecacatan permanen," kata Aliansyah.

"Mari dukung gerakan masyarakat sehat (Germas), bebaskan masyarakat dari penyakit campak, rubella, dan Kalteng bebas malaria 2020. Agar Kalteng bebas dari penyakit,” tutupnya. (ROZIQIN/B-11)

Berita Terbaru