Soal Keinginan Bupati Kotim Pelabuhan Penumpang Dipindah, Ini Kata Pelindo

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 08 Agustus 2018 - 08:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Saat ini belum ada kejelasan tentang terminal penumpang di Pelabuhan Sampit. Ini karena Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Supian Hadi ingin semua aktivitas di pelabuhan tersebut dipindahkan ke Pelabuhan Bagendang. 

Namun dari pihak Pelindo III tetap ingin agar Pelabuhan Sampit tetap digunakan untuk aktivitas penumpang kapal. Sedangkan barang dipindahkan ke Pelabuhan Bagendang.

Hal itupun hingga saat ini belum ada keputusan yang jelas. Sedangkan pembangunan terminal penumpang yang sudah disetujui Kementerian Perhubungan dijadwalkan pada 2019 ini akan dimulai tahapannya. 

"Sampai saat ini kami masih berkoordinasi dengan pemerintah daerah tentang terminal penumpang, namun kalau aktivitas bongkar muat akan segera dipindahkan ke Pelabuhan Bagendang setelah pembangunan perpanjangan pelabuhan selesai," ujar Supervisor Terminal Bagendang Lilis, Rabu (8/8/2018). 

Pelabuhan bongkar muat dipindah ke Bagendang di antaranya alasan faktor keamanan. Karena sangat tidak memungkinkan jika aktivitas bongkar muat digabung dengan aktivitas kapal penumpang.

Dalam kesempatan itu Lilis juga mengatakan terminal penumpang akan dibangun lebih megah dan menarik. Ini untuk mendukung program pariwisata di Kotim. 

"Nantinya bangunan akan dibuat berkonsep pariwisata, sehingga dapat bersinergi dengan bangunan ikon Patung Jelawat di sampingnya," timpal GM Pelindo III Cabang Sampit Irsyam Bakri. 

Bakri menambahkan terminal yang akan dibangun berkapasitas 1.500 orang. Dilengkapi sejumlah destinasi wisata maupun pertokoan untuk mendukung perekonomian masyarakat. Bahkan di area terminal juga akan dibangun hotel. 

Pihaknya berharap agar aktivitas kapal penumpang tetap di Pelabuhan Sampit yang ada saat ini. Namun hingga saat ini untuk pembangunannya masih menunggu lampu hijau dari Pemkab Kotim. 

"Kalau sudah ada lampu hijau dari pemerintah Kotim, terminal akan segera kami bangun. Karena dananya juga sudah siap," terang Bakri. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru