Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Trenggalek Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Program Upsus Siwab Sudah Hasilkan 26 Sapi Bunting

  • Oleh Prasojo Eko Aprianto
  • 09 Agustus 2018 - 22:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang- Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab) yang diprogramkan Pemerintah Kabupaten Barito Timur melalui Dinas Pertanian sudah menghasilkan 26 ekor sapi bunting.

"Dari Januari sampai dengan Agustus 2018, sudah ada 26 ekor sapi bunting. Di antaranya bahkan sudah ada yang melahirkan," tutur Kepala Dinas Pertanian Barito Timur Riza Rahmadi, Kamis (9/8/2018).

Jumlah sapi yang telah melahirkan dalam delapan bulan terakhir sebanyak 15 ekor.

Pada tahun ini, lanjutnya, Dinas Pertanian menargetkan inseminasi buatan (IB) terhadap sapi dan kerbau sebanyak 350 ekor. "Untuk itu kita terus meningkatkan agar semua sapi dapat bunting," ucapnya.

Ditambahkan Riza Rahmadi, saat ini yang belum dilakukan IB hanya kerbau rawa. "Untuk kerbau rawa belum kita lakukaan IB dan akan segera dilakukan oleh petugas teknis."

Dengam program Upsus Siwab sistem IB diharapkan mampu membantu masyarakat mempercepat sapi atau kerbau bunting. Sehingga dapat meningkatkan perkenomian masyarakat. Seperti dengan menjual sapi ke luar daerah dan terpenuhinya kebutuhan konsumsi daging di Kabupaten Barito Timur. (PRASOJO EKO APRIANTO/B-3)

Berita Terbaru