DKPP Sukamara Targetkan 350 Ekor Sapi Jalani Inseminasi Buatan

  • Oleh Norhasanah
  • 10 Agustus 2018 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Sukamara- Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Sukamara menargetkan sebanyak 350 ekor sapi menjalani inseminasi buatan (IB) atau kawin suntik pada tahun ini.

IB merupakan bagian dari program Upaya Khusus Sapi Induk Wajib Bunting (Upsus Siwab) yang dicetuskan Kementerian Pertanian.

"Untuk inseminasi buatan, Kabupaten Sukamara pada 2018 ini ditarget sebanyak 350 ekor,  bunting 245 ekor dengan kelahiran sapi sebanyak 196 ekor," ungkap Kepala Bidang Peternakan DKPP Sukamara Syamsir Hidayat, Jumat (10/8/2018).

Syamsir melanjutkan, program Upsus Siwab menjadi prioritas pembangunan peternakan di Indonesia, termasuk Kabupaten Sukamara. Oleh karena itu, pihaknya berupaya agar target yang ditentukan bisa tercapai dengan maksimal.

"Kegiatan Upsus Siwab meliputi pencatatan, pemeriksaan kebuntingan, dan penanganan gangguan reproduksi (gangrep) serta pemenuhan hijauan pakan ternak dan konsentra," sebutnya.

Program Upsus Siwab bertujuan untuk percepatan peningkatan populasi sapi sehingga dapat memenuhi kebutuhan hewan dalam negeri terhadap daging dan susu.

"Dengan target utama adalah ternak ruminansia indukan yaitu ternak betina bukan bibit yang memiliki organ reproduksi normal dan sehat untuk pengembangbiakan," tutur Syamsir Hidayat. (NORHASANAH/B-3)

Berita Terbaru