Hasil Ternak Ayam di Desa Sukaraja Banyak Dijual ke Wilayah Kalbar

  • Oleh Norhasanah
  • 10 Agustus 2018 - 20:20 WIB

BORNEONEWS, Sukamara- Kepala Bidang Peternakan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Sukamara Syamsir Hidayat, mengatakan bahwa hasil peternakan ayam di Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Sukamara, banyak yang diambil pedagang keliling dari Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar).

"Untuk pemasaran ayam ini kebanyakan diambil pedagang keliling dari Kalbar. Hanya sebagian kecil dari Sukamara," ungkap Syamsir Hidayat, Jumat (10/8/2018).

Menurut dia, peternakan ayam di Kabupaten Sukamara dikelola kelompok secara mandiri. Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian hanya melakukan pembinaan dan pendampingan.

"Di sana ada delapan kelompok yang terdiri dari 70 kandang, di mana dalam satu kandang diisi sebanyak 700 ekor bibit," ujarnya. 

Syamsir menambahkan, bibit lebih banyak didapat dawi wilayah Banjarmasin dengam harga Rp775 ribu per boks. 1 boks berisi 100 ekor anak ayam.

"Ayam ini akan dipanen saat berusia 31 hari sampai dengan 35 hari. Untuk harga jual bervariasi. Paling rendah Rp15 ribu dan paling tinggi Rp22 ribu dengan bobot hidup," tuturnya. (NORHASANAH/B-3)

Berita Terbaru