Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kebakaran Lahan Capai 439 Ha di Kotim dan Diprediksi Bisa Terus Bertambah

  • Oleh Naco
  • 13 Agustus 2018 - 16:22 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kebakaran lahan di Kabupaten Kotawaringin Timur kini mencapai 439,637 hektare.

Bahkan diprediksi bisa terus bertambah. Prediksi ini ditegaskan Wakil Ketua Posko Darurat Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan, Kabupaten Kotawaringin Timur, Rihel.

Menurut Rihel, jumlah lahan yang didominasi gambut itu terbakar tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Kotim. Bahkan itu terjadi sampai saat ini.

Dijelaskan, di wilayah Kecamatan Mentaya Hilir Selatam terjadi di Desa Basirih Hilir dan Hulu. Kecamatan MB Ketapang terjadi di Jalan Kacapiring I, komplek Pandawa, Eka Bahurui, Jalan Pramuka, Pelita Barat, Kapten Mulyono dan Teratai.

Sementara itu di Kecamatan Baamang berlokasi di Jalan Samekto, Bumi Raya I dan Jalan Tjilik Riwut Km 9. Sedangkan di Kecamatan Parenggean terjadi di Desa Kabua dan Kelurahan Parenggean

"Lahan terbakar bisa terus bertambah dan mencapai 500 hektare. Sebagian besar didominasi lahan gambut," kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Kotim, Senin (13/8/2018).

Untuk pemadaman api jika mampu dijangkau dengan jalur darat pihaknya akan memadamkan dengan alat milim mereka namun bilamana tidak dapat dijangkau pemadaman memanggunakan pesawat watet boombing milik BNPB.

"Karena ada juga sebegian besar yang tidak bisa dijangkau sehingga pakai pesawat water boombing, yang bolak balik tiap hari itu," pungkasnya. (NACO/B-6)

Berita Terbaru