Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kotim Tingkatkan Kesiapsiagaan Kebakaran Hutan dan Lahan

  • 13 Agustus 2018 - 18:02 WIB

BORNEONEWS, Sampit -  Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) kian memprihatinkan.

Dari informasi di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim diperoleh data jika di Desa Basirih Hilir, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan telah terjadi karhutla seluas 300 hektare lebih.

"Sekarang ini adalah musim kemarau atau musim kering, jadi intensitas hujan dan kelembaban tanah sanagtlah minim. Tekstur tanah gambut sangat mudah terbakar bahkan hingga kedalamnya. Jadi kita harus meningkatkan kesiap siagaan," kata Wakil Bupati Kotim M Taufik Mukri, Senin (13/8/2018).

Kesiap siagaan bukan hanya dalam memadamkan api saat karhutla, dalam mencegahnya pun masyarakat diminta berperan aktif. Dengan cara bersama petugas memantau titik api dan jika ditemukan agar segera dipadamkan.

"Jangan sampai meluas hingga akhirnya dapat membahayakan. Bukan hanya api nya yang bahaya, efek dari karhutla dapat membuat bencana kabut asap. Bencana itu dapat menyebabkan penyakit pernafasan," jelasnya.

Sejauh ini, karhutla sering terjadi di lokasi yang susah dijangkau serta tidak adanya air didekat lokasi kebakaran. Dan bahkan ada karhutla yang terjadi di wilayah Lembur Kuring, Jalan HM Arsyad, Sampit, Kecamatan MB Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur hingga menghanguskan rumah warga di wilayah setempat. (ACHMAD SYIHABUDDIN/B-6)

Berita Terbaru