Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tana Toraja Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pembuangan Bayi Terjadi karena Luputnya Pengawasan Orangtua terhadap Anak

  • Oleh Testi Priscilla
  • 13 Agustus 2018 - 20:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Peristiwa pembuangan bayi oleh sang ibu yang masih berusia 15 tahun menuai keprihatinan dari semua kalangan. Termasuk dari Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Sugianor.

Ia menilai, peristiwa itu terjadi karena luputnya peran orangtua dalam memperhatikan putra-putrinya. "Ini akibat pergaulan bebas, sebagai akibat dari luputnya peran orang tua dalam memperhatikan putra-putrinya. Kita ini menghadapi kasus yang korban dan pelaku sama-sama anak di bawah umur, namun berstatus ibu dan anak," kata Sugianor, Senin (13/8/2018).

Menurutnya, peran orang tua si ibu bayi itu yang patut dipertanyakan, atau dalam hal ini tante si ibu bayi karena anak tersebut tinggal bersama tantenya di Palangka Raya.

Walaupun anak tinggal merantau, harusnya orang tua tidak boleh lepas pengawasan. Apalagi si anak tinggal bersama tantenya, harusnya lebih mudah untuk orang tua si anak 15 tahun ini untuk memantau.

"Berkaca dari kasus ataupun peristiwa masih ditemukannya bayi yang diterlantarkan atau dibuang oleh orang tuanya, tentu harus disikapi  betul oleh banyak pihak. Mulai dari peran orang tua, guru, hingga tokoh agama," tambahnya.

Politisi PKB Kota Palangka Raya ini mengingatkan bahwa pengawasan harus dilakukan terus menerus, terlebih kepada anak usia sekolah.

"Sekolah-sekolah harus menanamkan kuat pengetahuan sikap moral bagi peserta didik. Kita sangat miris dan sedih dengan melihat peristiwa seperti ini. Kita berharap peristiwa serupa jangan sampai terjadi lagi," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/B-2)

Berita Terbaru