Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Labuhanbatu Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Alasan Mengapa PAD Pajak dan Retribusi di Katingan Masih Rendah

  • Oleh Abdul Gofur
  • 13 Agustus 2018 - 19:32 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Katingan, Roby mengatakan rendahnya penerimaan asli daerah (PAD) sektor pajak dan retribusi lantaram potensinya belum digarap secara optimal.

"Salah satu penyebabnya karena potensi pajak dan retribusi tersebut belum digarap secara optimal," ujar, Roby, Senin (13/8/2018).

Untuk itu Roby menuturkan jika pengetahuan mengenai pajak dan retribusi daerah, perhitungan tarif, sistem dan prosedur pemungutan, potensi optimalissi dan titik kritis dalam sistem dan prosedur pemungutan pajak diperlukan untuk dapat membantu melhat peluang tersebut.

Demikian pula teknik optimalisasi sebaiknya dikuasasi untuk mendukung pencapaian program.

Dalam upaya perluasan data objek pajak sebagai optimalisasi penerimaan daerah khususnya pajak bumi dan bangunan (PBB) sektor perkotaan dan pedesaan dibutuhkan petugas lapangan yang mengerti tentang tata cara pendataan sebagai upaya penggalian sumber penerimaan objek pajak baru dan memaksimalkan potensi pajak tersebut.

"Pendapatan asli daerah (PAD) merupakan modal dasar bagi pelaksanaan pemerintahan daerah dalam rangka pembiayaan pembangunan daerah untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat terutama dapat meningkatkan perekonomian daerah yang merupakan gambaran penilaian bagi kemampuan daerah dalam melaksanakan ekonominya," imbuhnya. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru