Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Pekalongan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DKPP Sukamara Buka Lahan Untuk Lokasi Pakan Ternak

  • Oleh Norhasanah
  • 14 Agustus 2018 - 10:30 WIB

BORNEONEWS, Sukamara- Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Sukamara membuka lahan untuk dijadikan lokasi penanaman pakan ternak.

Pembukaan lahan yang oleh DKPP disebut hijauan pakan ternak (HPT) itu dilakukan sebagai bentuk dukungan terhadap program Upaya Khusus Sapi Induk Wajib Bunting (Upsus Siwab) yang dicanangkan pemerintah pusat. Dengan harapan Kabupaten Sukamara bisa swasembeda daging.

"Saat ini lahan yang baru dibuka seluas 10 hektare dari rencana luas lahan yang akan ditanami mencapai 50 hektare. Penanaman hijau pakan ternak ini berlokasi Desa Sungai Cabang Barat, Kecamatan Pantai Lunci," ujar Kepala Bidang Peternakan DKPP Sukamara, Syamsir Hidayat, Selasa (14/8/2018).

Menurut Syamsir, rumput yang akan ditaman jenis BH tully, king grass, rumput gajah mini, dan indigovera.

"Penanaman hijau pakan ternak ini bertujuan untuk mendukung program pemerintah pusat. Di antara Upsus Siwab agar tersedianya swasembada daging," sebut Syamsir.

Saat ini lahan yang akan ditanami tengah dilakukan pengolahan tanah. Tujuannya untuk mempersiapkan tempat tumbuh yang optimal bagi rumput yang akan ditanam. Sebab tanah yang diolah akan menjamin perkembangan akar yang sempurna, memperbaiki aerasi, kelembaban, dan kesuburan tanah. (NORHASANAH/B-3)

Berita Terbaru