Aplikasi Kawal Pilkada dan Manajemen Relawan

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peternak Diharapkan Memiliki Lahan Pakan Ternak Sendiri

  • Oleh Norhasanah
  • 14 Agustus 2018 - 10:46 WIB

BORNEONEWS, Sukamara- Kepala Bidang Peternakan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Sukamara, Syamsir Hidayat, menuturkan bahwa pembukaan lahan penanaman hijau pakan ternak (HPT) di Desa Sei Cabang Barat, Kecamatan Pantai Lunci, hanya merupakan percontohan.

Diharapkan dengan adanya percontohan itu, ke depan setiap peternak di Kabupaten Sukamara memiliki lahan HPT sendiri.

"Ini dapat dijadikan sebagai ladang percontohan bagi para peternak dan diharapkan setiap peternak memiliki lahan HPT," ucap Syamsir Hidayat, Senlasa (14/8/2018).

Menurut Syamsir, rumput jenis BH tully, king grass, rumput gajah mini, dan indigovera mudah ditanam dan dipelihara, serta memiliki nutrisi yang sangat baik bagi pertumbuhan ternak.

"Tentunya para peternak tidak selamanya sehat dan dapat mencari rumput pada area yang jauh dan sulit dijangkau. Dengan memiliki HPT maka ternak akan tetap dapat terpenuhi kebutuhan makannya," ujar dia.

DKPP sebelumnya telah membuka lahan hijau pakan ternak ini berlokasi Desa Sungai Cabang Barat, Kecamatan Pantai Lunci. Saat ini lahan yang dibuka seluas 10 hektare dari total yang direncanakan mencapai 50 hektare. (NORHASANAH/B-3)

Berita Terbaru