Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Morowali Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Puluhan Siswa SLTA di Katingan Diajari Kesenian Karungut

  • Oleh Abdul Gofur
  • 14 Agustus 2018 - 17:52 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Puluhan siswa SLTA di Kabupaten Katingan diajari kesenian daerah, termasuk karungut di Losmen Citra Katingan, Selasa (14/8/2018).

Dalam acara yang digagas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Balai Pelestarian Nilai Budaya Kalimantan Barat ini hadir Direktur Kesenian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Restu Gunawan.

"Kesenian karungut yang berasal dari Kalimantan khususnya Kalteng ini kan sudah diakui budaya nasional, dan alasan mengapa kegiatan belajar bersama maestro karungut ini dilaksanakan di Kasongan, karena di sini ada masetro karungut itu, yaitu bapak Mael," tutur Restu.

Dengan adanya maestro ini diharapkan dapat menyebarluaskan, melestarikan dan menularkan kepada anak sekolah.

"Sebab dari syair-syairnya penting untuk dipelajari oleh anak sekolah dalam arus globalisasi ini, dan harapan kita anak-anak nanti bisa belajat karungut," imbuhnya.

Asisten II Setda Katingan, Ahmad Rubama mewakili Pj Bupati Katingan menyambut baik keguiatan ini.

"Seiring dengan baru lahirnya UU RI No 5 Tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan, maka kegiatan belajar bersama maetro karungut ini merupakan salah satu upaya kita dalam melestarikan dan mengembangkan serta memperkenalkan karungut di Katingan kepada masyarakat luas," katanya. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru