Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Gresik Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Populasi Sapi di Barito Utara Mampu Memenuhi Kebutuhan Hewan Kurban

  • Oleh Ramadani
  • 14 Agustus 2018 - 19:50 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Populasi sapi di Kabupaten Barito Utara sepadan atau mampu memenuhi permintaan masyarakat terhadap hewan kurban menjelang Hari Raya Idul Adha.  

Keberadaan kelompok tani atau peternak sapi yang ada di Kabupaten Barito Utara ini membantu terpenuhinya permintaan hewan kurban, terutama sapi.

Kepala Dinas Pertanian Barito Utara Setia Budi mengatakan, Kabupaten Barito Utara pernah mendapatkan program bantuan dari Pemerintah Provinsi Kalteng untuk swasembada daging berupa puluhan ekor sapi.

Melalui program bantuan itu, kini ketersediaan populasi sapi di daerah ini sudah cukup banyak. Untuk peternak di wilayah Desa Trahean dan Trans Bangdep, Kecamatan Teweh Selatan sekarang sudah dapat memasarkan sapi untuk keperluan masyarakat dalam menjalankan ibadah kurban tahun ini.

“Kita memang tidak mengetahui data pasti berapa persentase keperluan untuk sapi kurban yang dapat dipenuhi oleh peternak lokal, namun yang pasti kalau keperluan itu hanya beberapa ekor saja, bisa dipenuhi oleh peternak yang ada di daerah ini,” terang Setia Budi, Selasa (14/8/2018).

Dia mencontohkan, belum lama ini masyarakat Kecamatan Gunung Purei membeli sapi dari peternak di Trans Bangdep. (RAMADHANI/B-2)

Berita Terbaru