Pemindahan Aktivitas Pelabuhan Sampit, Pemkab dan Pelindo Masih Cari Solusi

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 14 Agustus 2018 - 23:02 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Keinginan Bupati Kotawaringin Timur berupa pemindahan aktivitas penumpang dan bongkar muat dari Pelabuhan Sampit ke Pelabuhan Bagendang belum terwujud. Belum ada titik temu dalam pembahasan antara Pemkab Kotim dan Pelindo III Cabang Sampit.

"Bupati tetap mengingkan agar seluruh aktivitas di Pelabuhan Sampit dipindahkan ke Bagendang. Ini yang masih kami cari solusinya," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kotim, Halikinnor. 

Sementara, pihak Pelindo III menginginkan agar pelabuhan penumpang tetap di Sampit, dan bongkar muat yang dipindahkan ke Pelabuhan Bagendang. Apalagi, mereka sudah menganggarkan dana pembangunan terminal penumpang nan megah dan memiliki fasilitas lengkap di Sampit. 

Sebelumnya, Bupati Kotim tidak ingin ada aktivitas di Pelabuhan Sampit yang membuat kendaraan besar hilir mudik di jalan dalam kota. Hal itu menyebabkan jalan cepat rusak dan mengganggu pengendara.

"Bupati berencana di Pelabuhan Sampit itu dibangun hotel atau mall. Karena di situ merupakan kawasan wisata yang dicanangkan pemkab," terang Halikinnor. 

Pemkab sempat menawarkan agar pelabuhan di Desa Pelangsian menjadi alternatif untuk aktivitas penumpang dan bongkar muat barang. Namun hal itu masih belum ada kesepakatan dengan Pelindo III. 

"Mudah-mudahan segera ada jalan keluarnya. Dan kami juga sudah meminta alasan yang kuat dari Pelindo III," terang Halikinnor. (MUHAMMAD HAMIM/B-11) 

Berita Terbaru