Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Pekalongan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anak Tenggelam Ditemukan Tewas

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 15 Agustus 2018 - 06:00 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Bocah berusia dari Kecamatan Bulik, Kabupaten Lamandau akhirnya ditemukan dalam kondisi tewas setelah lebih dari empat jam dalam pencarian karena tenggelam di Sungai Lamandau, Selasa (14/8/2018).

Korban ditemukan setelah tim gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), TNI, Polri dan dibantu masyarakat sekitar melakukan pencarian sekira 4 jam lebih setelah korban dikabarkan tenggelam.

Korban yang masih duduk di bangku kelas empat sekolah dasar (SD) tenggelam sekira pukul 16.30 WIB.

"Informasinya, sepulang mengaji sekitar pukul 16.00 WIB, korban itu mandi berenang dengan tiga teman sebayanya di tempat kejadian perkara (TKP), tepatnya di teluk Kujan Sungai Lamandau," kata kepala BPBD Lamandau Tiryan Kuderon.

Posisi awalnya korban dan teman-temannya itu hanya mandi dan berenang di pinggir sungai, lalu perlahan ke arah tengah dan semakin tengah lagi.

"Tidak lama kemudian sekitar pukul 16.30 WIB korban berteriak minta tolong kepada temannya karena akan tenggelam, di sekitar juga ada beberapa warga masyarakat yang mengetahui kondisi korban meminta tolong untuk mencoba membantunya tetapi korban sudah tak dapat ditolong dan tidak terlihat dipermukaan," bebernya. 

Mengetahui ada anak yang tenggelam, kala itu masyarakat sekitar mencoba untuk melakukan pencarian dengan upaya dan alat seadanya. Mulai dengan cara menyelam tradisional dan juga cara menjaring dengan jala yang biasa digunakan mencari ikan, termasuk BPBD baru mendapat laporan itu sekira pukul 17.00 WIB dan langsung meresponnya dengan menerjunkan anggota.

Seperti pantauan di lapangan, upaya tim gabungan yang melakukan pencarian lebih dari 30 orang dan dibantu juga masyarakat akhirnya membuahkan hasil. Setelah 4 jam lebih, tepatnya sekira pukul 19.50 WIB, korban akhirnya ditemukan beberapa meter saja dari lokasi awal korban tenggelam. Korban berhasil dijaring jala petugas. Nahas, nyawa korban sudah todak tertolong lagi. 

Setelah ditemukan, korban langsung diserahkan kepada pihak keluarga dan kemudian dibawa ke RSUD Lamandau untuk dilakukan penanganan dan selanjutnya dilakukan pemeriksaan dari kepolisian. (HENDI NURFALAH/B-5) 

Berita Terbaru