Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lima Puluh Kota Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ikan Keramba Milik Warga Kasongan Banyak Mati

  • Oleh Abdul Gofur
  • 15 Agustus 2018 - 16:02 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sudah sekitar dua pekan terakhir ikan keramba milik warga Kasongan yang dipelihara di Sungai Katingan banyak yang mati.

Menurut pengakuan sejumlah pemilik keramba, debit air sungai yang menyurut pada musim kemarau ini menjadi sebab utama matinya ikan keramba itu.

"Sejak awal bulan Agustus sampai sekarang tiap hari selalu ada ikan di keramba kita yang mati," tutur Celang, pemilik keramba ikan di Sungai Katingan sekitar Jembatan Sei Katingan, Rabu (15/8/2018).

Menurutnya, setiap harinya rata-rata ikan yang mati mencapai lebih dari 10 ekor. Bahkan, kata dia tiga hari yang lalu dalam sehari ikan yang mati itu bisa mencapai 50 kilogram.

"Rata-rata ikan yang mati itu siap panen, umur antara empat sampai enam bulan," katanya.

Celang mengaku memiliki 15 keramba ikan. Ada dua jenis ikan yang ia pelihara, yakni emas dan nila.

Rata-rata dalam satu buah keramba diisi sebanyak 20 ekor bibit. "Semua keramba kita ada isinya, tapi ada yang masih kecil dan ada yang siap panen,".

Celang mengaku kualitas air sungai yang buruk yaitu keruh dan juga kondisi sungai yang surut menjadi faktor utama penyebab ikan mati.

"Yang jelas untuk periode ini pemilik keramba ikan di daerah sini bisa dikatakan merugi, karena cukup banyak ikan yang mati itu, sementara kalau kita jual sekarang harganya murah," imbuh Celang.(ABDUL GOFUR).

Berita Terbaru