Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tangerang Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lembaga Pendidikan Non Formal Diharapkan Gagas Jiwa Usaha Peserta Didik

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 15 Agustus 2018 - 16:06 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Wakil Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) meminta kepada seluruh lembaga pendidikan non formal di daeeah ini aga menggagas jiwa kewirausahaan terhadap para peserta didik mereka. Hal itu dilakukan agar saat keluar nantinya bisa langsung terjun ke dunia usaha.

"Harus dilatih dalam berwirausaha, agar saat terjun dilapangan nantinya mereka sudah memiliki keahlian tersebut," ujar Taufiq, saat menyampaikan sambutan pada wisuda LPP Quantum, Rabu (15/8/2018).

Namun, hingga saat ini lembaga pendidikan di Kotim sendiri memiliki dua kendala, yang pertama yakni lulusan pendidikan tidak memiliki jiwa wirausaha. Sehingga dalam orientasi mereka hanya ingin menjadi pekerja, terutama pegawai negri sipil (PNS). Sedangkan yang kedua yakni tidak memiliki keahlian dalam bidang kehidupan.

"Padahal jika mereka mampu menciptakan lapangan kerja bagi mereka sendiri. Sehingga masyarakat yang sejahtera akan dapat segera terwujud," terang Taufiq. 

Dengan adanya hal itu, lembaga pendidikan non formal harus dapat menjawab permasalahan tersebut. Sehingga dapat meningkatkan keahlian dan keterampilan peserta didiknya, sesuai dengan bidangnya. Sehingga mampu mengasah jiwa usaha dari peserta didik. (MUHAMMAD HAMIM/m) 

Berita Terbaru