Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Kalimantan Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wabup Ompie Herby Canangkan Imunisasi MR

  • Oleh Ramadani
  • 15 Agustus 2018 - 16:52 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Wakil Bupati (Wabup) Barito Utara, Ompie Herby mencanangkan imunisasi campak/measles rubella (MR), Rabu (15/8/2018).

“Indonesia telah berkomitmen untuk mencapai eliminasi campak dan pengendalian rubella/congenital rubella syndrome (CSR) pada 2020. Berdasarkan hasil surveilans dan cakupan imunisasi, maka imunisasi campak rutin saja belum cukup untuk mencapai target imunisasi campak. Sedangkan untuk akselerasi pengendalian rubella (CSR) maka perlu dilakukan imunisasi tambahan sebelumnya,” kata Ompie membacakan sambutan tertulis Bupati Nadalsyah.

Dikatakannya, campak merupakan penyakit yang sangat mudah menular yang disebabkan oleh virus dan ditularkan melalui batuk dan bersin.

Penyakit campak sangat berbahaya jika disertai komplikasi pneumonia, diare, meningitis dan dapat berakibat fatal yaitu kematian.

Penyakit campak jelasnya juga sangat berpotensi menjadi wabah apabila cakupan imunisasi rendah dan kekebalan kelompok/herd immunity tidak terbentuk.

Ketika seseorang terkena campak  90 persen orang yang berinteraksi erat dengan penderita dapat tertular jika mereka belum kebal terhadap penyakit campak. Seseorang dapat kebal  jika telah diimunisasi atau terinfeksi virus campak.

“Pada 2000 lebih dari 562.000 anak pertahun meninggal diseluruh dunia karena komplikasi penyakit campak. Dengan pemberian imunisasi campak dan berbagai upaya telah dilakukan, maka pada 2014 kematian akibat campak menurun menjadi 115.000 per tahun, dengan perkiraan 314 anak per hari atau 13 kematian setiap jamnya. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru