Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peran KPU Sangat Besar Tingkatkan Partisipasi Pemilih

  • Oleh Naco
  • 15 Agustus 2018 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi I DPRD Kotawaringin Timur, Syahbana meminta agar Pemilu 2019 harus lebih baik dari pelaksanaan Pilkada lalu. 

Bahkan ia menekankan partiisipasi pemilih baik di Pileg dan Pilpres harus ditingkatkan. Hal ini tidak terlepas dari peran aktif KPU bersama dengan pihak penyelenggara lainnya agar partisipasi itu tinggi.

Dijelaskan Syahbana rendahnya partisipasi pemilih itu membuat pelaksanaan demokrasi 5 tahunan itu tidak memuaskan. Apalagi jika tingkat partisipasi dibawah 60 persen tentu di luar ekspektasi. Sementara anggaran yang dikucurkan sangat besar untuk membiayai pemilu serentak tersebut.

Maka dari itu ia berharap tingkat partisipasi pemilih 2019 nanti paling tidak mencapai 75 persen, sehingga partisipasi pemilih tidak dikategorikan rendah.

"Kalau saya optimistis pileg dan pilpres tahun depan partisipasi pemilih pasti meningkat," kata Syahbana, Rabu (15/8/2018).

Mengingat pilpres bersamaan dengan pileg tentu banyak yang mencalon diri, itu diyakini sebagai salah satu faktor mendorong warga datang ke TPS.

Pilkada Kalteng khusus Kotim beberapa tahum lalu hanya berkisar antara 40-45 persen dari jumlah pemilih sebanyak 350.355 jiwa Sementara antara 55-60 persen pemilih diantaranya tidak menggunakan hak pilihnya atau menjadi golongan putih (Golput). 

Kurangnya partisipasi pemilih pada Pilkada Kalteng susulan diduga karena akibat kurangnya sosialisasi, sehingga mengakibatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat menjadi rendah.(NACO)

Berita Terbaru