Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Batam Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Nasionalisme Generasi Muda semakin Memudar

  • Oleh Ramadani
  • 15 Agustus 2018 - 20:10 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Nasionalisme generasi muda semakin memudar diterpa arus globalisasi yang semakin deras. Untuk itu, salah satu cara untuk menumbuhkan rasa nasionalisme generasi muda melalui pengenalan lagu-lagu kebangsaan Indonesia.

“Lewat lagu-lagu nasional yang mengandung nilai-nilai nasionalisme, patriotisme, persaudaraan, dan nilai-nilai Pancasila diharapkan dapat memupuk dan menumbuhkan nilai-nilai Pancasila dalam jiwa generasi muda. Jangan sampai generasi muda kita semakin terbenam dengan lagu-lagu yang saat ini sebagian besar jauh dari semangat ke-Indonesia-an,” kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Langkap Umar saat membacakan sambutan Bupati Barito Utara H Nadalsyah.

Sambutan itu dibacakan pada pembukaan lomba lagu kebangsaan tingkat SD/SLTP sederajat se Kabupaten Barito Utara di aula Bappeda Litbang Barito Utara, Rabu (15/8/2018).

Saat ini, kata dia, terdapat kecenderungan masyarakat mulai kehilangan memori kolektif terhadap kehidupan berbangsa. Salah satunya ditandai dengan banyaknya generasi muda yang tidak hafal lagu-lagu kebangsaan Indonesia. Hal ini tentunya sangat memprihatinkan kita.

Menurutnya, keberadaan lagu-lagu kebangsaan Indonesia sudah jarang diputar ataupun dinyanyikan dan hanya diperdengarkan pada hari–hari besar ataupun upacara. Bahkan, pamornya semakin meredup dan tergeser oleh lagu–lagu populer yang ada saat ini. (RAMADHANI/B-2)

Berita Terbaru