Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sosialisasi Hewan Kurban sebagai Evaluasi Pemotongan Hewan Kurban sesuai Syariat

  • Oleh Norhasanah
  • 15 Agustus 2018 - 20:40 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Sosialisasi hewan kurban bertujuan untuk evaluasi dan komitmen dalam pelaksanaan pemotongan hewan kurban.

"Sosialisasi ini bertujuan untuk menjalin koordinasi, sinkronisasi, monitoring dan evaluasi," ucap Kepala Bidang Peternakan Dinas Ketahanan Pangan dan pertanian (Diskeptan)  Sukamara, Syamsir Hidayat, Rabu (15/8/2018).

Menurut Syamsir, sosialiasi tersebut juga upaya pihaknya dalam menumbuhkan komitmen dan tanggung jawab untuk menyampaikan kepada seluruh petugas dan panitia dalam pelaksanaan pemotongan hewan kurban sesuai dengan syariat dan layak.  

"Kami juga akan membentuk Tim Pemeriksa hewan kurban agar hewan yang akan dikurbankan kesehatannya bisa terjamin," ujarnya.

Sebumnya, Diskeptan Sukamara juga telah melakukan pemeriksaan terhadap 52 ekor sapi dan 17 ekor kambing dari 5 penjual ternak kurban yang ada di Kabupaten Sukamara. Hasil dari pendataan tim peternakan, rata-rata hewan kurban yang dijual peternak sudah memiliki Surat Keterangan Asal (SKA).

"Dari pemeriksan yang dilakukan oleh dokter hewan dan kepada pemilik ternak sudah diberikan Surat Keterangan Kesehatan Asal Hewan atau SKKH," kata Syamsir. (NORHASANAH/B-2)

Berita Terbaru