Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Purworejo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Poktan Desa Malintut Lakukan Pengubinan untuk Kontrol Hasil Panen Padi

  • Oleh Prasojo Eko Aprianto
  • 15 Agustus 2018 - 23:20 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kelompok tani (Poktan) Desa Malintut Kecamatan Raren Batuah, Kabupaten Barito Timur melaksanakan pengubinan padi, Rabu (15/8/2018).

Pengubinan dilakukan bersama Badan Pusat Statistik setempat untuk mengukur potensi hasil panen yang dicapai setelah panen dengan luasan 90 hektare.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur (Bartim) Riza Rahmadi mengatakan, setelah panen padi berlangsung pendampingan pengubinan bersama BPS dengan hasil 4,784 ton.

Pengubinan merupakan istilah yang biasa digunakan oleh petugas pertanian maupun statistik untuk menghitung secara cepat dan sederhana hasil panen produk pertanian.

"Teknik ini umum digunakan untuk memperkirakan potensi hasil gabah dalam luasan lahan satu hektare, serta fungsi kegiatan pengubinan adalah para petani bisa mengetahui perkiraan potensi hasil dari tanaman padi mereka," ujarnya.

Ia berharap, panen padi berlangsung lancar agar petani mendapatkan hasil yang maksimal. Meskipun saat ini sawah-sawah petani belum diguyur hujan untuk daerah-daerah yang jauh dari bendungan air. "Kita berharap akan turun hujan," pungkasnya. (PRASOJO EKO APRIANTO/B-2)

Berita Terbaru