Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Fraksi PAN Berikan Tiga Catatan Terhadap Pelaksanaan APBD Barito Utara

  • Oleh Ramadani
  • 16 Agustus 2018 - 19:20 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Fraksi Pendukung DPRD Barito Utara, Partai Amanat Nasional (PAN)  memberikan tiga buah catatan untuk pemerintah daerah terhadap pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Sekretaris Fraksi PAN, Hasrat mengatakan, pertama, mengapresiasi terhadap pelaksanaan APBD Kabupaten Barito Utara tahun 2017 yang meraih opini WTP berturut-turut.

Kewajiban selanjutnya yang harus diselesaikan sesuai dengan undang-undang Republik Indonesia tahun 2004 tentang pemeriksaan, pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara pasal 20 yakni segera menindaklanjuti rekomendasi dalam laporan hasil pemeriksaan, memberikan jawaban atau penjelasan kepada BPK tentang tindak lanjut atas rekomendasi dalam laporan hasil pemeriksaan.

“Termasuk kewajiban menyampaikan laporan atau  penjelasan disampaikan kepada BPK selambat-lambatnya 60 hari setelah laporan pemeriksaan diterima,” kata Hasrat, Kamis (16/8/2018).

Kedua, Fraksi PAN mengapresiasi capaian PAD tahun 2017 yang melebihi target, namun capaian ini masih di bawah capaian PAD tahun 2016. Fraksi PAN melihat potensi pajak dan retribusi daerah yang ada masih memiliki peluang untuk ditingkatkan dengan fokus kepada pemuktahiran data wajib pajak/retribusi, pengoptimalan dalam proses penagihannya serta menggali objek pajak dan retribusi baru yang belum tersentuh sehingga tahun depan rencana pendapatan bisa lebih dioptimalkan.

Ketiga, kurang terserapnya anggaran pada belanja operasi yang meliputi belanja pegawai, belanja barang, belanja hibah dan bantuan sosial pada pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2017 hanya 84,54%.

“Ini merupakan gambaran kurang cermat atau tepatnya perencanaan belanja. Sehingga pada waktu pembahasan kita menekan anggaran pembangunan, yang seharusnya anggaran ini bisa dimaksimalkan untuk kepentingan masyarakat kabupaten Barito Utara,” ucapnya.

Fraksi PAN berharap SOPD ke depannya membuat anggaran yang bermanfaat bagi kepentingan masyarakat dan mengurangi anggaran yang  tidak penting. (RAMADHANI/B-2)

Berita Terbaru