Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Surakarta Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Desak Pemkab Tertibkan TUKS di Kotim

  • Oleh Naco
  • 16 Agustus 2018 - 20:32 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sekretaris Komisi IV DPRD Kotawaringin Timur,  Darmawati mendesak pemkab melalui dinas teknis dan instansi terkait, untuk menertibkan dugaan pelanggaran Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS).

Apalagi bagi TUKS yang tidak berizin. Sebab, pemkab harus lebih peka membaca peluang sumber PAD untuk kepentingan daerah.

"Siapa saja bisa membangun pelabuhan untuk kepentingan tersebut namun harus legal. Dan hasilnya masuk ke kas daerah sebagai pos tetap PAD Kotim," kata Darmawati, Kamis (16/8/2018).

Dia ingin seluruh TUKS maupun tersus di Kotim diawasi dengan ketat dan dievaluasi perizinannya. Sehingga, pengelola dan pemilik tidak seenaknya melakukan kegiatan bongkar muat barang. Apalagi, belakangan ini keberadaan TUKS dan Tersus kian menjamur. 

Pengawasan diperlukan, sebab tidak menutup kemungkinan TUKS ini jadi  jalur tikus untuk melakukan aktivitas ilegal. Seperti penyelundupan barang hingga masuknya narkoba dan minuman keras ilegal.

Darmawati mengatakan, jika ada ditemukan pelanggaran dalam pengoperasian TUKS dan tersus, harus ada sanksi tegas. (NACO/B-11)

Berita Terbaru