Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ngawi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peserta Upacara HUT RI di Kotawaringin Barat Banyak Pingsan

  • Oleh Wahyu Krida
  • 17 Agustus 2018 - 10:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Walaupun upacara HUT ke-73 Kemerdekaan RI di Halaman Pemkab Kotawaringin Barat (Kobar), Jumat (17/8/2018) masih belum digelar, namun beberapa peserta upacara yang berada di barisan pelajar mulai bertumbangan pingsan.

Teriknya matahari pagi itu dan kondisi tubuh yang drop akibat tidak sarapan diduga menjadi penyebab pingsannya beberapa peserta upacara tersebut.

Demikian dijelaskan Kabid Pelayanan Kesehatan (Yankes) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kobar yang juga Plt, Direktur RSUD Sultan Imanuddin dr. Fachrudin yang bertugas ditenda kesehatan.

"Rata-rata mereka belum sarapan. Sehingga diduga memicu asam lambung hingga mereka menjadi mual. Selain itu teriknya sinar matahari, juga diduga membuat fisik beberapa peserta upacara drop," jelas Fachrudin.

Sebagai pertolongan pertama, lanjutnya, petugas kesehatan berupaya melonggarkan dan melepas benda-benda ditubuh para peserta upacara yang pingsan.

"Di antaranya melonggarkan ikat pinggang peserta yang pingsan dengan tujuan agar sirkulasi pernafasan mereka menjadi longgar. Bila perlu juga diberikan oksigen untuk membantu pernafasan. Bila ada peserta yang mual atau muntah, maka kita sudah menyediakan obat-obatan sesuai keperluan," jelas Fachrudin.

Menurutnya pada tenda kesehatan dilokasi upacara, sekitar 3 unit ambulan juga telah disiapkan untuk mengantisipasi kondisi darurat.

"Tiga unit ambulan tersebut masing masing berasal dari RSUD Sultan Imanuddin, Puskesmas Arsel dan milik TNI. Kemudian yang bertugas dalam tim kesehatan ini adalah dari Tagana Dinsos Kobar, Dinkes Kobar dan TNI," jelas Fachrudin. (WAHYU/B-5)

Berita Terbaru