Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pohuwato Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Distakan Lamandau Pastikan Stok Hewan Kurban Aman

  • Oleh Heriyadi
  • 18 Agustus 2018 - 09:00 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan (Distakan) Lamandau memastikan stok hewan kurban aman dan tercukupi menjelang hari raya Idul Adha 1439 Hijriah 2018.

Untuk mengantisipasi kebutuhan permintaan masyarakat, Distakan telah menyediakan 150 hingga 200 ekor sapi.

Kepala Distakan Lamandau Sunarto mengungkapkan, kebutuhan hewan kurban tahun 2018 di Kabupaten Lamandau kurang lebih sama seperti tahun 2017 lalu, yakni antara 150 hingga 200 ekor sapi. Pada perayaan Idul Adha tahun ini jumlah yang disiapkan tidak jauh berbeda dengan tahun lalu.

“Tapi kami tetap mengantisipasi dengan melakukan persediaan tambahan, jika pada waktunya nanti permintaan meningkat atau belum mencukupi. Dan untuk penyediaan hewan kurban ini, pihaknya tetap memperhatikan kualitas hewan kurban yang ada. Apabila ada ternak nggak sehat dan bunting tidak boleh dijual,”tambah Sunarto.

Disamping itu, jelas dia, kesehatan hewan menjadi hal utama untuk dijaga sebelum sampai pada pelaksanaan kurban. Bahkan, tim dari Dinas Pertanian telah memeriksa beberapa persyaratan dokumen, kondisi fisik di antaranya seperti usia hewan yang sudah dapat dikurbankan termasuk  kesehatan hewan kurban.

Pemeriksaan dilakukan dua kali yaitu ketika hewan masih hidup dan sesudah disembelih agar daging yang dikonsumsi dijamin sehat. "Pengawasan hewan kurban ini juga dilakukan di penampungan yang telah disediakan maupun sampai ke sejumlah masjid dan masyarakat," ujarnya. (PP/HERIYADI/B-2)

Berita Terbaru