Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Ingatkan Generasi Muda untuk Warisi Semangat Kepahlawanan

  • Oleh Heriyadi
  • 18 Agustus 2018 - 09:20 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lamandau Budi Rahmat mengingatkan kepada generasi muda untuk mewarisi semangat kepahlawanan dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat.

"Pernyataan ini sangat penting yang kini dibutuhkan bangsa Indonesia untuk membela dan membesarkan bangsa dalam semua aspek kehidupan. Pada zaman penjajahan, semangat setia kawan itu para pejuang kemerdekaan Indonesia kental disertai dengan keikhlasan dan rela berkorban," ujar Budi Rahmat seusai upacara HUT RI ke 73, Jumat (17/8/2018).

Menurutnya, saat ini keikhlasan dan kesetiakawanan sosial hampir tidak ada lagi yang menonjol di antara individu. Untuk itu, berbagai nilai kepahlawanan itu perlu diwariskan kepada generasi muda bangsa.

"Dulu para pejuang untuk menumpas penjajah dari muka bumi Indonesia dengan mengorbankan jiwa dan raganya, sekarang nilai-nilai yang demikian itu dapat diaktualisasikan sesuai dengan kepentingan pada zamannya," tambah Budi.

Meskipun demikian, ungkap Politisi PDI Perjuangan ini, keikhlasan dan kesetiakawanan harus tetap menjadi landasan dan semangat kepahlawanan, sebagai jati diri bangsa yang dimiliki bangsa Indonesia untuk membela dan membesarkan bangsa pada semua aspek kehidupan.

Untuk itu, pemerintah perlu memberikan perhatian, kemudahan, dan fasilitas kepada anak-anak pejuang kemerdekaan RI, termasuk masyarakat miskin dalam mengenyam pendidikan hingga perguruan tinggi untuk mampu memenangkan persaingan dalam era global. "Sekaligus, memperbaiki tingkat perekonomian dalam menyejajarkan pendidikan dengan negara lain," katanya.

Selain itu, dia berharap, penguasaan iptek oleh generasi muda Indonesia, khususnya putra-putri pejuang sebagai kebutuhan penting agar Indonesia bisa sejajar dengan negara maju. Penguasaan iptek mengantar Indonesia menjadi mandiri dan berdaya saing di tingkat global, sehingga negara-negara maju tidak bisa lagi menjajah Indonesia. (HERIYADI/B-2)

Berita Terbaru