Aplikasi Pilkada Terintegrasi dengan Excel

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kapal Tak Bisa Berlayar di Sungai Katingan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 19 Agustus 2018 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Musim kemarau yang berlangsung sejak sebulan terakhir di Katingan, menyebabkan pendangkalan sungai utama. Bahkan, kapal sulit berlayar di Sungai Katingan.

Pengusaha kapal angkutan beras dengan rute Kasongan - Pagatan atau Kasongan - Mendawai mengeluhkan surutnya air Sungai Katingan ini. Sebab, kapal mereka kandas saat melintas sungai utama itu.

Kapal pengangkut beras dari Kecamatan Katingan Kuala itu terpaksa tambat di Pelabuhan Kereng Pekahi, Kecamatan Kamipang, berjarak sekitar 65 km dari Kasongan.

Pedagang di Kasongan yang biasa menampung beras lokal pagatan, itu harus mengeluarkan biaya tambahan ongkos angkut dari Pelabuhan Kereng Pekahi menuju Kasongan melalui jalur darat.

"Air Sungai Katingan semakin surut sejak sebulan terakhir. Kelotok ukuran besar kapal tiung yang biasa hilir mudik mengangkut barang tidak terlihat lagi berlabuh di wilayah Kasongan ini," kata Iwan, warga Kasongan, Minggu (19/8/2018).

Selain itu, debit air Sungai Katingan yang menyurut ini juga menyebabkan banyak ikan keramba milik warga Kasongan mati. (ABDUL GOFUR/B-11)

Berita Terbaru