Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Rokan Hulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Diimbau Tidak Konsumsi Air Sungai Katingan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 19 Agustus 2018 - 19:50 WIB

BORNEONEWS, Kasongan- Warga Kabupaten Katingan diimbau tidak mengonsumsi air Sungai Katingan. Pasalnya, air sungai itu kotor dan telah tercemar zat kimia. Sehingga dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada manusia.

Imbauan itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Katingan Robertus Pamurianto, Minggu (19/8/2018).

Menurut dokter Robertus, selama ini warga Katingan, terutama yang bermukim di bantaran Sungai Katingan, mulai dari kawasan hulu, seperti Kecamatan Katingan Hulu, Marikit, Petak Malai, Sanaman Mantikei, Katingan Tengah, Pulau Malan, dan Tewang Sanggalang Garing, sebagian besar masih buang air besar (BAB) di Sungai Katingan.

Demikian pula dengan warga di bagian tengah dan hilir, seperti Kecamatan Katingan Hilir, Tasik Payawan, Kamipang, Mendawai, dan Katingan Kuala.

Salah satu indikasi bahwa warga masih BAB di sungai dibuktikan dengan banyaknya jamban di Sungai Katingan.

"Iya, sampai sekarang warga yang buang air besar di Sungai Katingan itu masih cukup banyak, terutama warga yang tinggal di bantaran sungai," katanya.

Hal itu, lanjutnya, menyebabkan Sungai Katingan tercemar berbagai macam penyakit.

Selain itu, pencemaran juga disebabkan penambangan emas tanpa izin (PETI). Salah satu indikasinya yakni air sungai yang selalu keruh.

"Kita imbau kepada warga agar tidak menggunakan atau mengonsumsi air Sungai Katingan. Sebab sungai ini tercemar dan dapat menimbulkan berbagai macam penyakit," imbau Robertus Pamurianto. (ABDUL GOFUR/B-3)

Berita Terbaru