Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tojo Una-Una Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim Didorong Gencarkan Revitalisasi Pasar Tradisional

  • Oleh Naco
  • 20 Agustus 2018 - 19:12 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Wakil Ketua DPRD Kotawaringin Timur, Parimus mendorong pemerintah agar gencar melaksanakan program reviltalisasi pasar tradisional. 

"Revilatilasi ini dalam rangka upaya pemerintah mempertahankan pasar tradisional di tengah gempuran pasar modern yang semakin berkembang pesat," kata Parimus, Senin (20/8/2018).

Sejumlah pasar tradisional yang masih bertahan di Kotim harus dipertahankan. Sebab di situlah terjadi ekonomi kerakyatan. Mulai dari penjual sayur, ikan dan lain sebagainya. 

Parimus justru menyebutkan tidak bisa membayangkan jika 10 - 20 tahun ke depannya pasar tradisional hilang. Tentunya, penjual sayur ikan dan lain sebagainya akan mengalami kesulitan.

Maka dari itu, kebijakan pemerintah daerah ke depannya yakni melakukan revitalisasi semua pasar tradisional yang masih bertahan di Kotim.

Untuk program revitalisasi pasar tradisional ini memang memerlukan biaya besar. Tetapi, besarnya biaya yang dikucurkan jangan malah tidak produktif. Akan jadi anggaran yang produktif kalau digunakan untuk pasar, asalkan yang revitalisasi tepat sasaran.

Di balik peran pasar tradisional yang strategis diperlukan upaya-upaya dalam rangka peningkatan daya saing. Apalagi, pasar tradisional identik dengan lokasi perdagangan yang kumuh, semrawut, kotor, hingga sumber kemacetan lalu lintas.

Pembenahan pasar tradisional menjadi tempat belanja yang bercitra positif adalah suatu tantangan yang cukup berat, tetapi harus diupayakan sebagai tanggungjawab bersama. (NACO/B-11)


TAGS:

Berita Terbaru