Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Purworejo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Lamandau Gelar Sosialisasi Sekolah Ramah Anak

  • Oleh Heriyadi
  • 21 Agustus 2018 - 03:00 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Setelah dicanangkan sebagai daerah Layak Anak (KLA), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau terus berupaya mengembangkan program-program melalui pembentukan lingkungan ramah anak dengan melaksanakan sosialisasi.

Dalam kegiatan yang dirangkai dengan sosialisasi asosiasi perusahaan sahabat anak Indonesia dan pencegahan perkawinan anak itu, Pemkab Lamandau menggandeng narasumber dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI.

Pj Bupati Lamandau HM Katma F Dirun yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Lamandau Arifin LP Umbing mengatakan, Pemkab Lamandau sangat mendukung program yang diluncurkan oleh pemerintah pusat.

"Pengembangan KLA ini untuk membangun inisiatif pemerintah kabupaten maupun kota yang mengarah pada upaya transformasi konsep ke dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk menjamin terpenuhinya hak anak," ungkap Arifin.

Menurutnya, semula hanya ada beberapa kabupaten dan kota yang tergerak dan terlibat dalam program KLA ini. Namun, seiring dengan waktu muncul kebutuhan dan inisiatif, di antaranya Kabupaten Lamandau yang menginisiasi KLA sejak 2014 lalu.

"Setiap anak memiliki hak untuk hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi dengan wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi," ujar Arifin LP Umbing.

Sementara itu, Asisten Deputi Pemenuhan Hak atas pendidikan, kreatifitas dan budaya Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Elvi Hendrani mengatakan, melalui sosialisasi sekolah ramah anak akan dapat menambah pemahaman bagi guru dan siswa di sekolah. (PP/HERIYADI/B-2)

Berita Terbaru