Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumba Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala BPBD Barsel Ingatkan Masyarakat Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan

  • Oleh Uriutu
  • 21 Agustus 2018 - 20:20 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Pada musim kemarau ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Barito Selatan  mengingatkan masyarakat untuk mencegah terjadinya kebakaran lahan dan hutan.

“Kita tidak ingin terulang kejadian kabut asap yang melanda daerah Kalteng, seperti beberapa tahun yang lalu,” kata Kepala BPBD Barsel Ariyanta kepada Borneonews. Selasa (21/8/2018).

Ia mengatakan, pihaknya melaksanakan pengawasan secara intensif, terhadap faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kebakaran lahan.

Ini tidak boleh dibiarkan, lanjut dia, karena musim kemarau rawan dengan kebakaran lahan sehingga harus dicegah sedini mungkin. 

Ia membeberkan, meski belum ada titik hot spot terpantau hari ini pihaknya tetap melakukan pemantauan di beberapa titik di wilayah rawan kebakaran lahan dan hutan.

Pasalnya beberapa waktu lalu, sempat terjadi kebakaran kecil di daerah Danau Malawen.

Dirinya pun mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dan tidak melaksanakan pembakaran lahan. “Apabila ingin membuka lahan, seharusnya dapat dilaksanakan dengan pembukaan lahan yang terawasi dan berwawasan lingkungan,” ucap dia.

Ia menambahkan, pihaknya telah membentuk tim dalam penanggulangan terjadinya kebakaran lahan. Namun tanpa adanya dukungan serta informasi masyarakat, tentunya tim yang terbentuk akan kesulitan dalam pelaksanaan tugas di lapangan. (URIUTU DJAPER/B-2)

Berita Terbaru