Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim Harus Cermat Ambil Peluang Dana Pusat

  • Oleh Naco
  • 23 Agustus 2018 - 02:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemkab Kotawaringin Timur (Kotim) harus cermat dalam mengambil peluang dana dari pemerintah pusat untuk membangun daerah.

Salah satunya dengan menggandeng anggota DPR RI. Hal ini karena akses yang dimiliki oleh anggota DPR RI cukup luas dan bisa dijadikan sebagai salah satu cara mendapatkan dana pusat.

Terlebih, anggota DPR yang berasal dari satu provinsi duduk di berbagai komisi yang ada. Sehingga usulan yang diajukan daerah bisa dilakukan melalui anggota dewan yang bersangkutan.

Upaya itu juga sejalan dengan rencana tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) untuk mencapai angka Rp3 triliun APBD Kotim ke depannya.

"Dari itu, kami berharap pada tahun berikutnya bisa dilakukan. Selain itu juga harus menjalin sinergitas jajaran eksekutif dan legislatif di tingkat pusat," tukas Ketua Komisi I DPRD Kotawaringin Timur, Handoyo J Wibowo, Rabu (22/8/2018).

Menurut Handoyo, Pemkab Kotim harus semaksimal mungkin untuk mendapatkan dana pusat. Bahkan lanjut dia, kepala dinas diminta harus mengawal hal itu dengan mencari sejumlah peluang yang ada untuk kepentingan daerah.

Menurutnya, peluang itu perlu menjadi bahan pertimbangan serius para kepala dinas. Sebab, saat ini pemkab dan DPRD melakukan evaluasi berkaitan dengan kinerja SOPD, khususnya mendatangkan dana bantuan untuk daerah

Ia mengungkapkan, bagi pemerintah kabupaten yang kurang rajin dalam melaksanakan lobi ke pusat akan berimbas pada minimnya kucuran dana dari pemerintah pusat ke daerah.

"Yang terjadi selama ini, pimpinan SOPD cenderung hanya menunggu kucuran dana dari Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) yang setiap tahunnya dijatah oleh pemerintah pusat saja," tutupnya. (NACO/B-2)

Berita Terbaru