Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Toli-Toli Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Seekor Hewan Kurban di Kotim Ditemukan Mengandung Cacing

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 23 Agustus 2018 - 21:02 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Seekor hewan kurban di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) ditemukan mengandung cacing.

"Satu hewan kurban kami temukan mengandung cacing, namun dagingnya masih bisa dikonsumsi. Asalkan dimasak dengan baik," kata Kepala Dinas Pertanian Kotim, I Made Dikantara, Kamis (23/8/2018). 

Dia menjelaskan, bagian hati sapi yang ditemukan mengandung cacing tersebut tidak boleh dikonsumsi. Kemudian, perutnya juga harus dibuang. Agar penyakitnya tidak menular ke manusia. 

Sedangkan, daging sapi yang tidak boleh dikonsumsi dagingnya, yaitu yang tertular penyakit antraks, tubercolusis dan cacing hati. Sebab, bisa membahayakan manusia yang mengonsumsi dagingnya.

"Hanya satu itu yang kami temukan, dari sejumlah sampel yang diperiksa. Semua sapi kurban rata-rata aman untuk dimakan," terang Made. 

Sementara itu, tercatat sekitar 1.100 ekor sapi yang disiapkan pedagang di Kotim sebelum lebaran Idul Adha 1439 hijiriah kemarin. Namun tidak semua daging kurban dapat diperiksa samplenya. Sebab, jumlahnya yang banyak ditambah keterbatasan dokter hewan.

"Namun sebelum dijual dan dijadikan kurban, sapi sudah diperiksa. Sapi harus memiliki surat keterangan kesehatan dari hewan dari daerah asalnya," kata Made. 

Sementara, hingga sore Kamis (23/8/2018) masih banyak warga yang melaksanakan kurban. Dan ada sejumlah daging kurban yang belum diperiksa petugas kesehatan. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru