Pemilik Transportasi Air Harus Lengkapi Fasilitas Keselamatan Penumpang

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 25 Agustus 2018 - 10:46 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas– Moda transportasi air masih menjadi pilihan sebagian masyarakat Kabupaten Kapuas, meski jalan darat sudah terhubung ke wilayah perdesaan. 

Karenanya tidak mengherankan bila kapal angkutan sungai masih banyak yang bersandar di Dermaga Danau Mare, Kota Kuala Kapuas.

Terkait hal itu, Kasi Bidang Keselamatan pada Dinas Perhubungan Kabupaten Kapuas, Ridho, mengingatkan pengelola angkutan sungai akan pentingnya mengutamakan keselamatan penumpang.

"Kami imbau terus kepada para pengusaha transportasi sungai agar selalu melengkapi fasilitas keselamatan. Serta penumpang juga bisa turut memperhatikannya," ungkap dia kepada wartawan, Sabtu (25/8/2018).

Mewakili kepada dinas, Ridho menuturkan bahwa fasilitas keselamatan penumpang seperti pelampung harus dimiliki dan dilengkapi oleh pemilik transportasi sungai, baik speed boat, perahu taksi motor, maupun fery penyeberangan.

"Pelampung merupakan alat keselamatan yang sangat penting. Karena jika terjadi musibah yang tidak diinginkan seperti kecelakaan sungai, alat keselamatan tersebut menjadi salah satu yang berharga untuk digunakan para penumpang," tuturnya.

Ia berharap, semua pihak bisa bekerja sama dengan baik untuk terus memperhatikan dan mengutamakan keselamatan jiwa penumpang. (DODI RIZKIANSYAH/B-3)

Berita Terbaru