Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bengkalis Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Calon Anggota KPU Kabupaten/Kota Minim Keterwakilan Perempuan

  • Oleh Rahmat Gazali
  • 27 Agustus 2018 - 16:56 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Tim seleksi (Timsel) KPU 3 daerah, yakni Kota Palangka Raya, Kabupaten Gunung Mas dan Barito Timur telah selesai melakukan serangkain tes dan mengumkan 10 besar calon anggota KPU dimasing-masing daerah tersebut. Hasilnya, ternyata sangat minim keterwakilan perempuan. Ke-30 nama dari 3 daerah tersebut, hanya ada 4 peserta peremuan yang lulus 10 besar.

Bahkan 10 besar calon anggota KPU dari Kabupaten Gunung Mas tidak ada satupun berasal dari kalangan perempuan.

Dari 4 perempuan yang lulus 10 besar itu juga masih akan diseleksi kembali oleh KPURI.

""Memang keterwakilan perempuan yang masuk dari 30 nama hanya empat orang, memang sebelumnya lebih dari itu, tetapi setelah dilakukan seleksi yang lolos hanya empat orang, itupun akan kembali mengerucut saat seleksi lagi di tingkat KPU Pusat," ucao Ketua Timsel Kabupaten/Kota A Syar'i, Senin (27/8/2018).

Padahal, lanjut Syar'i, pendaftar yang tercatat mengikuti serangkaian tes di Kota Palangka Raya berjumlah 94 orang, Kabupaten Barito Utara 31 orang, dan Gunungmas sebanyak 25 orang.

"Kemudian, berkas mereka yang lulus 10 besar tersebut akan kami serahkan ke KPU pusat untuk diseleksi lagi dan akan dipilih oleh KPU pusat melalui seleksi agar menentukan masing-masing 5 orang untuk masing-masing daerah," tambahnya. (GAZALI/B-5)

Berita Terbaru