Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Polemik Pemindahan Pelabuhan, Pemkab dan Pelindo III Diminta Singkirkan Ego

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 27 Agustus 2018 - 22:02 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi VI DPR RI, dari Dapil Kalimantan Tengah (Kalteng), Hamdhani, meminta Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dan Pelindo III cabang Sampit, agar menyingkirkan ego terkait polemik pemindahan pelabuhan penumpang dan barang. 

"Ego harus dikesampingkan terkait permasalahan ini. Harus mengedepankan kepentinga masyarakat banyak. Apakah pelabuhan harus dipindah atau tidak," kata Hamdhani, Senin (27/8/2018). 

Hamdhani menitik-beratkan pada pendekatan pemanfaatan masyarakat. Sehingga jika memang sangat mengganggu masyarakat di dalam kota terkait aktivitas Pelabuhan Sampit, maka sudah sewajarnya dipindahkan. 

Jika memanang dipindahkan pun, pemkab harus memerhatikan aksebilitas terlebih dahulu. Mulai dari infrastruktur jalan, transportasi, dan fasilitas pendukung lainnya. 

"Jika itu sudah siap, maka boleh saja dipindahkan. Dengan kesepakatan antara kedua belah pihak," kata Hamdhani.

Sementara, jika tetap berada di Sampit, maka harus diperhatikan keamanan dan kenyamanan masyarakat. Sebab, angkutan besar cukup mengganggu dan membahayakan, seperti menimbulkan kerusakan jalan. 

"Pengamatan saya, kondisi sekitar pelabuhan sudah sangat padat. Kalau aktivitas penumpang dan barang dinilai tidak terlalu mengganggu, silakan saja (tidak dipindah). Namun jika sudah membuat tidak nyaman masyarakat, lebih baik dipindahkan," terang Hamdhani.

Jika masih tidak ada titik temu, Hamdhani siap memfasilitasi pembahasan lebih lanjut terkait pemindahan Pelabuhan Sampit. Baik itu di tingkat provinsi maupun pusat. (MUHAMMAD HAMIM/B-11) 

Berita Terbaru