Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Serdang Bedagai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pers di Barito Selatan Diharapkan Berperan Sebagai Kontrol Pembangunan

  • Oleh Uriutu
  • 28 Agustus 2018 - 18:52 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Media massa atau insan pers berperan sebagai kontrol pembangunan. Demikian disampaikan Anggota DPRD Barsel, James Janjam kepada Borneonews, Selasa (28/8/2018). 

Menurutnya, untuk memantau pembangunan di Barsel selain eksekutif dan legislatif peran media massa sebagai fungsi kontrol serta mitra kerja pemerintah diharapkan untuk memantau pembangunan.

“Media massa ini biasanya lebih dahulu mengetahui adanya penyimpangan maupun kasus dan sebagainya,” katanya. 

Begitu juga kepada lembaga penegak hukum. Jika ditemukan proyek yang menyimpang dan tidak sesuai aturan tindak sesuai prosedur hukum.

Dia menambahkan selain itu, para rekanan jangan hanya mementingkan keuntungan yang besar tanpa memperdulikan kemajuan Kabupaten yang Berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus Ini.

“Untuk itu saya meminta marilah bersama-sama mengawal, berbuat dan bekerja untuk kemajuan Barsel yang kita cintai,” ucapnya.  

Sementara itu, Ketua PWI Barsel, Hamdan mengatakan PWI siap kawal pembangunan. Mengingat peranan pers dalam pembangunan sangat penting karena sebagai pilar keempat demokrasi.

“Pers khususnya di Barsel, harus berani mengungkapkan fakta-fakta yang terkait jalannya proses pembangunan,” ucapnya.

Pihaknya akan mengawal pembangunan di Barsel ini agar berjalan sesuai dengan rencananya, sehingga nantinya pembangunan itu betul-betul dilaksanakan sesuai dengan harapan.

“Pengawalan terhadap pembangunan mulai dilakukan semenjak pembahasan anggaran oleh legislatif dan eksekutif,”  ucapnya. (URIUTU DJAPER/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru