Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Sumatra Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peralatan Pertanian Bantuan Pemerintah Pusat Tak Bisa Digunakan di Desa Lempuyang

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 28 Agustus 2018 - 22:22 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Petani di Desa Lempuyang, Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), membutuhkan alat panen padi sesuai kondisi pertanian di sana. Pasalnya, bantuan perlatan dari pusat tidak bisa digunakan. 

Hal tersebut tersebut dikemukakan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Tengah, Putri Nur Hajah, saat reses di Kotim, Selasa (28/8/2018).

"Saya sudah tampung keinginan petani di Desa Lempuyang. Akan kami sampaikan nantinya kepada pemerintah provinsi, agar usulan tersebut disetujui," kata Putri.

Dia mengatakan, kebutuhan mesin tersebut diperlukan. Apalagi mayoritas masyarakat Desa Lempuyang berprofesi sebagai petani padi.

Dan saat musim panen, banyak petani yang menggunakan cara manual, lantaran mesin bantuan dari pusat tidak sesuai medan. Apalagi, lahan di Desa Lempuyang berbeda dengan lahan pertanian di Pulau Jawa.

"Maka dari itu, petani meminta bantuan mesin panen yang sesuai dengan medan di sana," kata Putri. 

Selama ini petani di daerah tersebut sering menyewa mesin dari Banjarmasin untuk panen. Sehingga membutuhkan kost yang lebih besar. (MUHAMMAD HAMIM/B-11) 

Berita Terbaru