Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tanjung Balai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pendinginan Areal Lahan Terbakar Terbantu Hujan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 29 Agustus 2018 - 10:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya Sihang sangat mensyukuri hujan yang turun di pagi Rabu (29/8/2018). Ini lantaran BPBD bersama Satgas Karhutla memang sedang dalam masa pendinginan areal lahan pasca terbakar. Maka saat hujan turun, merupakan keberuntungan bagi BPBD dan tim.

"Memang kita sedang dalam masa pendinginan lahan pasca karhutla. Kan kalau kebakaran di lahan gambut itu tidak bisa kita anggap selesai hanya dengan melihat api yang membakar itu padam," tandas Sihang, Rabu (29/8/2018).

Karena gambut itu seperti pori-pori, jadi kalau pemadaman tidak tuntas di bagian bawahnya akan terus mengukus kan dapat terjadi kebakaran lagi di tempat yang sama. Makanya yang bagian bawah itu kita genangi dengan air agar benar-benar padam.

"Makanya kalau hujan begini kita sangat bersyukur karena dapat membantu menggenangi area pasca terbakar itu," jelas Sihang.

Menurutnya, guna memaksimalkan pencegahan terjadinya karhutla, BPBD bersama leading sektor lainnya seperti Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, TSAK, TNI dan Polri serta organisasi kemasyarakatan lainnya terus memperkuat pengawasan wilayah rawan karhutla di Palangka Raya.

"Kawasan-kawasan yang sebelumnya sempat terbakar, maka oleh tim satgas BPBD dan leading sector lainnya terus memantau sekaligus melakukan pemadaman terhadap sisa-sisa area yang masih terlihat asap mengepul," tambahnya.

Semua pihak yang terlibat dalam Satgas Karhutla ini menurutnya terus berkomimen untuk mencegah karhutla dan sampai sekarang terus dimaksimalkan.

"Terlebih sejumlah titik api sempat muncul di beberapa kawasan Palangka Raya," pungkasnya. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru