Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Kotim: Melintasi DAS Mentaya Harus Utamakan Keselamatan

  • Oleh Naco
  • 29 Agustus 2018 - 17:32 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kotawaringin Timur, M. Shaleh  menegaskan agar nahkoda kapal yang melintas di jalur Sungai Mentaya untuk hati-hati dan mengutamakan keselamatan.

Karena dia melihat saat ini DAS Mentaya merupakan salah satu alternatif untuk angkutan hasil sumber daya alam Kotim yang diangkut ke luar daerah

"Maka dari itu kami tekankan kepada seluruh pengusaha angkutan untuk bisa berhati-hati.  Agar tidak menabrak lanting hingga rumah warga yang ada dibentaran sungai Mentaya," kata Shaleh, Rabu (29/8/2018).

DAS Mentaya juga menurutnya selama ini  belum ada dilakukan penataan untuk kapal yang berlabuh.

Kapal maupun tugboat tidak ditentukan titiknya untuk bisa berlabuh atau tidak. Sehingga sungai padat dan membuat rawan terjadi kecelakaan. 

"Sungai itu digunakan untuk trasportasi warga hingga bantaran sungai juga digunakan untuk permukiman makanya harus ada ketentuan yang mengatur," ucapnya.

Ditegaskan DAS Mentaya belum ada penataan, mestinya dari instansi terkait itu bisa mengatur bersama dengan jajaran pemerintah daerah

Karena pada dasarnya mereka dari legislatif mendukung agar regulasi diperairan itu ditata kelola dengan baik guna menghindari insiden yang tidak diinginkan.

Selama ini tingkat kecelakaan di sungai memang minim. Namun bukan berarti regulasi itu dibuat pada saat adanya insiden. Karena penataan itu perlu dilakukan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. (NACO/B-6)

Berita Terbaru