Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lamongan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pihak Kementerian Perikanan Hadiri Panen Raya Ikan Patin di Kotawaringin Timur

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 30 Agustus 2018 - 11:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan RI menghadiri panen raya ikan patin yang diselenggarakan Pemkab Kotawaringin Timur (Kotim) di Desa Bapeang, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kamis (30/8/2018). 

"Hari ada 90 ribu ekor ikan patin yang akan dipanen," ujar Kepala Dinas Perikanan Herianto, saat menyampaikan laporan kegiatan pada panen raya tersebut. 

Dengan jumlah ikan sebanyak itu, maka diperkirakan perhitungan beratnya mencapai 40 ton. Sedangkan, ikan tersebut dibudidaya dengan menggunakan keramba yang jumlahnya mencapai 42 buah kolam yang berada di desa tersebut. 

"Sebenarnya ada 225 kolam di desa ini, namun kolam yang bisa dipanen hanya ada 42 buah kolam saja," kata Herianto. 

Dalam kegiatan panen raya dihadiri oleh Dirjen Perikanan dan Pembudidayaan Kementerian Kelautan dan Perikanan Ir Slamet Soebjakto.

Slamet juga ikut turun memanen ikan bersama sejumlah pejabat daerah lainnya. Panen raya tersebut merupakan milik kelompok budidaya maju bersama. 

Slamet mengaku kagum dan gembira dengan adanya panen raya tersebut. Karena hal itu menggambarkan produksi ikan di Kotim ini cukup besar. 

"Ini adalah hal yang mebanggakan, karena produksi ikan dari masyarakat mandiri sudah sangat banyak. Dan ini patutu dicintoh bagi daeeah lainnya," harap S lamet. 

Kementerian terus mendorong budidaya perikanan melalui bantuan, baik itu bibit, pakan dan lainnya. Dan mudah-mudahan bisa semakin meningkatnya semangat masyarakat budidaya ikan di Kotim ini. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru