Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Situbondo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Pertanian Barito Utara Tempatkan Penyuluh Bimbing Petani

  • Oleh Ramadani
  • 30 Agustus 2018 - 18:20 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Pemkab Barut) melalui Dinas Pertanian setempat terus mengembangkan lahan pertanian, khususnya tanaman jagung dibeberapa Kecamatan di wilayah Kabupaten Barito Utara.

Perluasan lahan pertanian tanaman jagung ini dikembangakan di lima Kecamatan yang lahannya sangat cocok untuk ditanami jagung seperti di Kecamatan Teweh Tengah, Teweh Timur, Teweh Baru dan Gunung Timang serta Kecamatan Gunung Purei.

“Dalam perluasan lahan tanam jagung ini setiap wilayah Kecamatan kita telah ditempatkan tenaga penyuluh. Hal tersebut agar para petani mendapat bimbingan terkait tata cara bertani agar mendapatkan hasil yang lebih baik,” kata Kepala Dinas Pertanian Barito Utara Setia Budi, di Muara Teweh, Kamis (30/8/2018).

Ia mengatakan, saat ini tanaman jagung memberikan manfaat besar kepada para petani dalam menunjang ekonomi khsusunya para petani. Karena selain hasilnya dijual, juga dapat gunakan untuk pakan ternak.

“Seperti yang telah dikembangkan di Kecamatan Teweh Timur, ada kelompok tani yang sudah berhasil mengembangkan peternakan dengan memberikan makanan terhadap ternak mereka dengan pakan tanaman jagung. Bahkan dengan sistem ini bisa mengurangi biaya, dibandingkan dengan membeli sendiri,” kata Setia Budi.

Menurutnya, dengan sistem pengeolahan pakai ternak produksi sendiri, maka hasilnya juga dapat lebih banyak. Apalagi pakan ternak diperuntukan untuk ayam petelur. Bahkan hasil produksi telur sendiri banyak diminati warga.(RAMADHANI/m)

Berita Terbaru