Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kotawaringin Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Awal Tahun, Dua Kabupaten Ini Terbanyak Terserang DBD

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 30 Agustus 2018 - 22:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Bila melihat dua perbedaan awal tahun, ada dua kabupaten di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) yang terbanyak serangan demam berdarah dengue (DBD).

Pada Januari 2018, terbanyak kasus DBD di Kabupaten Kotawaringin Timur sebanyak 57 kasus dan terjadi lonjakan dibandingkan kabupaten lainnya yang hanya belasan kasus saja.

Sementara tahun sebelumnya, Januari 2017 justru di Kabupaten Gunung Mas yang terjadi lonjakan kasus DBD yaitu sebanyak 42 kasus, sedangkan daerah lainnya pada saat itu rendah bahkan ada yang nihil kasus.

“Pada November sampai Maret, itu musim hujan sehingga cenderung kasusnya meningkat,” ungkap Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalteng, Yayu Indriyati, Kamis (30/8/2018).

Sedangkan kumulatif jumlah kasus DBD di Kalteng dalam rentang Januari - Juli 2018 sudah tembus angka 514 penderita, tiga di antaranya meninggal dunia.

Bila dibandingkan kondisi yang sama, pada semester pertama di 2017 lalu ada 499 penderita, dua di antaranya meninggal dunia. (ROZIQIN/B-2)

Berita Terbaru