Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kapuas Hulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim Kembangkan 600 Hektare Kawasan Minapolitas di Selatan 

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 31 Agustus 2018 - 16:42 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) akan mengembangkan kawasan minapolitan seluas 600 hektare di Desa Rege Lestari dan Desa Kuin Permai, Kecamatan Teluk Sampit. 

"Tahun ini kami mencoba mengembangkan kawasan minapolitan di wilayah selatan. Status kawasannya sudah diselesaikan," kata Kepala Dinas Perikanan Kotim, Herianto, Jumat (31/8/2018). 

Kawasan minapolitan dikembangkan dengan konsep yang dititik beratkan pada kemajuan sektor perikanan. Dan mengedepankan prinsip efisiensi, kualitas, percepatan dan berkesinambungan.

Dipilihnya daerah selatan, karena dekat laut dan ketersediaan lahan luas. Diharapkan, minapolitan bisa dikembangkan maksimal. 

"Namun yang masih jadi kendala saat ini adalah tidak adanya excavator. Jadi masih kesulitan membuka lahan di sana," kata Herianto. 

Terkait itu, pihaknya sudah meminta bantuan kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk penyediaan alat berat tersebut, yang akan diupayakan pada 2019 mendatang. 

"Tujuan kami menjadikan sektor ekonomi kelautan dan perikanan sebagai penggerak ekonomi regional di daerah ini," terang Herianto. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru