Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Meranti Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jauh Berbeda, Ini Perbandingan Kondisi Tenaga Pendidik di Desa dan Kota

  • Oleh Naco
  • 01 September 2018 - 15:02 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi III DPRD Kotawaringin Timur, Sarjono mengungkapkan kondisi tenaga pendidik untuk pedalaman dan kota jauh berbeda.

Contohnya, di sejumlah desa ada sekolah yang hanya memiliki satu guru berstatus ASN. Selebihnya tenaga honor yang digaji seadanya menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). 

Menurut dia kondisi itu terbalik dengan sekolah di perkotaan, yang kelimpahan jumlah guru ASN.

"Ini yang dari dulu belum bisa dituntaskan, tenaga honor hanya menerima gaji seadanya. Karena sekolah sendiri tidak mampu memenuhinya," kata Sarjono, Sabtu (1/9/2018)

Maka dari itu, tugas ini harus diselesaikan pemerintah. Dengan memikirkan keberadaan tenaga pendidik agar bisa merata setiap daerah, tidak terkecuali di pedalaman Kotim.

Pembangunan pendidikan secara rinci yang diharapkan masyarakat itu tentunya tidak perlu lagi dijelaskan apa cara pelaksanaannya.

APalagi, pemkab sudah punya tenaga ahli untuk memikirkan dan merencanakan hingga pelaksanaan. Namun, jika tenaga ahli itu tidak diberdayakan untuk memikirkan kemajuan sektor pendidikan, maka semuanya akan percuma. (NACO/B-11)

Berita Terbaru