Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kerusakan Mangrove Memperparah Abrasi di Pesisir Sukamara

  • Oleh Norhasanah
  • 02 September 2018 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Kerusakan ekosistem mangrove atau bakau memperparah abrasi, dimana saat ini beberapa wilayah pesisir Kabupaten Sukamara sudah terjadi penggerusan, bahkan mulai mendekati rumah-rumah warga.

"Kerusakan ekosistem mangrove ini dapat menyebabkan deforestasi ekosistem pesisir, penurunan kualitas air, populasi dan abrasi," jelas Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukamara, Rendy Lesmana, Minggu (2/9/2018).

Menurut Rendy, dampak tersebut saat ini sudah sangat terlihat. Terbukti dengan semakin tergerusnya pinggiran pesisir pantai yang setiap tahun semakin mendekati rumah penduduk.

Sebelumnya, Camat Pantai Lunci M Yunus meminta agar Pemerintah Kabupaten Sukamara memperhatikan beberapa lokasi permukaan pantai yang mulai mengalami abrasi.

"Kami berharap kepada instasi terkait agar memberikan perhatian-perhatian khusus kepada wilayah pesisir. Salah satunya adalah beberapa wilayah pantai yang permukaannya mulai tergerus ombak," pinta M Yunus.

Yunus mengatakan, beberapa lokasi yang mengalami abrasi adalah di lokasi wisata Pantai Citra yang permukaan pantainya mulai mengalami abrasi. Sehingga perlu adanya upaya untuk pencegahan agar tidak semakin parah. (NORHASANAH/B-2)

Berita Terbaru