Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Program SOPD Harus Terkonsep untuk Kepentingan Masyarakat

  • Oleh Testi Priscilla
  • 02 September 2018 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Program-program yang diajukan dan disusun oleh Struktur Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) haruslah terkonsep dan untuk kepentingan masyarakat luas.

Hal ini dikatakan Anggota Komisi A DPRD Kota Palangka Raya, Diu Husaini sekadar untuk mengingatkan agar setiap SOPD di lingkungan kerja pemerintah kota (Pemko) Palangka Raya memiliki program yang terkonsep, jelas, dan matang, terutama searah dengan kepentingan masyarakat.

"Kami mengingatkan agar program yang direcanakan itu terkonsep, jelas dan matang. Bukan berarti yang selama ini tidak, tapi kita mengingatkan lagi," kata Diu, Minggu (2/9/2018).

Politisi Partai Hanura Kota Palangka Raya ini menuturkan, dengan memiliki program yang terkonsep dengan jelas dan matang, bukan tidak mungkin program-program yang disusun akan mendapat perhatian dari pemerintah pusat.

"Kalau programnya terkonsep dengan jelas, bisa saja saat SOPD ingin menyodorkannya ke tingkat pusat akan diakomodasi dengan baik. Apakah itu melalui kementerian maupun ke Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) kemungkinan akan membantu dengan baik," tambahnya.

Diu menambahkan, pemerintah kota melalui SOPD harus bisa menerjemahkan mana program-program dengan landasan yang kuat untuk kepentingan masyarakat dan yang mana landasannya masih lemah.

"Misalnya program untuk pengembangan kepariwisataan. Selama ini kita tahu bahwa landasan untuk membuat programnya kuat, karena memang sejumlah obyek wisata di Kota Palangka Raya memiliki kesempatan untuk berkembang. Tapi toh itu memerlukan kekuatan anggaran dalam mewujudkannya. Lalu kenapa tidak ada dukungan dari pusat, jangan-jangan program pengembangan yang kita buat belum jelas atau belum tertata rapi. Ini harus diperhatikan," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/B-2)

Berita Terbaru