Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Merauke Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Banyak Budidaya Ikan di Kotawaringin Timur Gagal Panen

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 02 September 2018 - 22:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Hingga saat ini banyak masyarakat di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) yang mencoba meningkatkan ekonomi dengan melakukan budidaya ikan namun masih banyak yang gagal panen.

Akibat gagal panen tersebut bangak masyarakat yang tidak meneruskan budidaya ikan. Karena mereka tidak ingin mengalami kerugian yang makin besar.

"Memang banyak pembudidaya ikan di Kotim ini, namun mereka berhenti setelah alami gagal panen," ujar Kepala Dinas Perikanan Kotim Herianto, Minggu (2/9/2018).

Ada ratusan pembudidaya ikan di Kotim ini mulai dari ikan lele, patin, udang, nila, mas, hingga jelawat. Bahkan hampir setiap kecamatan di daerah ini ada warga yang membudidayakan ikan tersebut.

"Memang ratusan pembudidayaan ikan ini, namun banyak yang tidak konsisten. Karen atakut rugi akibat gagal panen," kata Herianto.

Walaupun begitu Dinas Perikanan saat ini terus mendorong masyarakat agar berupaya membudidayakan ikan terus menerus. Bahkan mereka juga berupaya membantu bibit ikan yang siap dibagikan ke sejumlah desa yang memiliki keramba.

"Kami akan terus mengembangkan budidaya ikan ini, bahkan kami berharap diseluruh desa nantinya ada budidaya ikan sesuai dengan kultur airnya," terang Herianto.

Saat ini sejumlah desa sudah berhasil melakukan pembudidayaan ikan, diantaranya adalah Desa Bapeang dengan budidaya ikan patin, Kelurahan Tanah Mas ikan jelawat, dan Desa Ujung Pandaran ikan lele.

Diharapakan bisa menjadi penyemangat bagi warga lainnya yang ada di daerah ini, untuk membudidayakan ikan. Sehingga produksi ikan di Kotim makin tinggi. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru